cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 10 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN MODEL ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA Nofria Yuliyanti; Maskun Maskun; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.622 KB)

Abstract

The purpose of this research is to know is there any significant influence of the implementation of organizing learning strategy elaboration model toward students’ cognitive learning results in eight grades of IPS at MTsN 2 Bandar Lampung TP 2013/2014. In this research, the writer use quasi-experiment method. Data collecting technique was using observation, test, documentation and literature. The results showed that there is a  significant influence of the implementation of organizing learning strategy elaboration model toward students’ cognitive learning results in eight grade of IPS at MTs N 2 Bandar Lampung TP 2013/2014, with  tcount2, 93 ttable2, 0244 from the test result taken,  H0 is rejected, with a significant level r = 0,40 which when interpreted using the correlation coefficient measurement table means that a significant level achieved enough. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII  MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari penerapaan strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasiterhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII  MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014, dengan diketahui thitung 2,93 ttabel 2,0244 dari hasil tersebut keputusan uji yang diambil yaitu H0  ditolak, dengan taraf signifikan r = 0,40 artinya taraf signifikan yang dicapai cukup. Kata kunci : model elaborasi, pembelajaran IPS, strategi pengorganisasian.
TINJAUAN HISTORIS IMPLEMENTASI ISI PERJANJIAN LINGGARJATI INDONESIA DAN BELANDA TAHUN 1946-1947 Dwi Ika Sari; Iskandar Syah; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.995 KB)

Abstract

Proclamation of Indonesia Independence on August 17, 1945 could not be accepted by Netherlands because after Japanese surrendered to the Allies, Netherlands thought, Indonesia was its colonies, so it caused conflict between Indonesia and Netherlands. Both of them tried to overcome that conflict through Linggarjati Negotiations that was hold 11 to 15 November 1946. This research used qualitative data, literature and documentation technique. This research used analysis technique qualitative data based on cause effect relationship. This result of research explained that the efforts which were done to implementation Linggarjati Treaty concerning, about recognation dutch de facto to the sovereignty of Indonesia for Java, Madura and Sumatra. Netherlands stopped the war and Indonesia also, beside that Indonesia made coorperation with other countries to get recognation of de facto RI.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 tidak dapat diterima Belanda dikarenakan setelah menyerahnya Jepang kepada Sekutu, Belanda menganggap Indonesia adalah negara jajahannya, sehingga menimbulkan konflik diantara Indonesia dan Belanda. Kedua belah pihak berupaya menyelesaiakan konflik melalui Perundingan Linggarjati yang berlangsung 11-15 November 1946. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kepustakaan dan teknik dokumentasi.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang berdasarkan pada hubungan sebab-akibat. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa usaha-usaha yang dilakukan untuk mengimplementasikan isi Perjanjian Linggarjati yang menyangkut pengakuan de facto Belanda terhadap kedaulatan RI atas Jawa, Madura dan Sumatra. Pihak Belanda melakukan dengan penghentian aksi tembak menembak, sedangkan di pihak Indonesia selain dengan menghentikan aksi tembak menembak juga dengan menjalin kerjasama dengan negara-negara lain hingga diperolehnya pengakuan de facto RI.Kata kunci: implementasi, indonesia dan belanda, perjanjian.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Yuni Istiani; Ali Imron; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.931 KB)

Abstract

This research was purposed to know the effect of using joyfull learning  and to know the significant level of the effect of using  joyfull learning on learning result on third level at SMP Negeri 1 Punduh Pedada.The method of the research was experimental method and used cluster random sampling technique by 34 students. This research used simple linear regression. Based on the data analize, the researcher got 40.1 %, influenced by joyfull learning and 59 % influenced by others factors and the significant was 0.633. The result of the research is joyfull learning influent significantly to students result and the significant by using joyfull learning was strong to students result.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning dan mengetahui taraf signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Punduh Pedada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data diperoleh 40.1 %, dipengaruhi oleh model joyfull learning dan sebanyak 59.9% dipengaruhi faktor lain. dan taraf signifikansi sebesar 0.633. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran joyfull learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning  kuat terhadap hasil belajar.Kata kunci: hasil belajar, joyfull learning, pengaruh
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU Vivi Hardiana; Maskun Maskun; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.661 KB)

Abstract

This research aims to know the significant influence and significance levels influence the use of model learning Make a Match against cognitive learning results students on subjects integrated IPS class VIII in SMP Negeri 1 Kasui. The methods used in the research is a  method of experimentation Sampling technique in this research used purposive random sampling technique amounted to 66 students. Data analysis techniques using simple linear regression test with significance. Based on the analysis of data obtained thitung ( 5,022 ) ttable 2:04 and a significance level of 0.682. It can be inferred that the model of learning Make a Match effect significantly to cognitive learning results and the level of significance of the influence of the use of models of learning Make a Match strong against cognitive learning results.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan taraf signifikansi pengaruh penggunaan model  pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Kasui. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purvosipe random sampling berjumlah 66 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yaitu dengan uji signifikansi. Berdasarkan analisis data diperoleh Thitung (5.022) Ttabel 2.04 dan taraf signifikansi sebesar 0.682. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Make a Match kuat terhadap hasil belajar kognitif.Kata kunci: hasil belajar, make a match, pengaruh
MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE Ria Setiawati; Wakidi Wakidi; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.472 KB)

Abstract

The aim of this research was to find out students’ interest of learning history in class XI IPS taught through cooperative learning model type “think talk write” in SMA Swadhipa Natar academic year 2013/2014. This research used descriptive method in which the data collecting technique used observation, questionnaire, documentation, and literature.The result of the research showed that students’ interest in learning history in class IPS taught through cooperative learning model type “think talk write” in SMA Swadhipa Natar academic year 2013/2014 were categorized into average learning interest. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan dalam  minat belajar sedang. Kata kunci : minat belajar siswa, pembelajaran sejarah, think talk write.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LC7E TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH Sylvia Farantika; Iskandar Syah; Maskun Maskun
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.765 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the use of learning models learning cycle 7e has a significant effect in improving students' understanding of history learning materials in Trisukses Natar high school class X. The study design was a pretest-posttest control group design. The study population was students of class X 2013/2014 school year, amounting to 205 people. Samples were taken by using purposive sampling technique. Based on the research, it was concluded that there is a significant effect of the use of models of learning cycle 7e on students' understanding of history learning materials in class X SMA Trisukses Natar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran sejarah kelas X di SMA Trisukses Natar. Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 205 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampling purposive. Berdasarkan penelitian disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model learning cycle 7e terhadap pemahaman siswa dalam materi Pembelajaran Sejarah kelas X SMA Trisukses Natar.Kata kunci : learning cycle 7e, pemahaman materi, pembelajaran sejarah.
HUBUNGAN KOMITE NASIONAL INDONESIA PUSAT (KNIP) DENGAN LEMBAGA KEPRESIDENAN PADA TAHUN 1945-1949 Dwi Indri Astuti; Iskandar Syah; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.792 KB)

Abstract

The objective of this research is to find out relation between national committe of central Indonesia and presidential institution in 1945-1949. This research used historic method. Literature technique and documentation were used in collecting data. Meanwhile in order to analyze the data. The researcher used qualitative data analysis in the research. The researcher found there is a relation between Nasional committee of central Indonesia and presidential institution in working their duties together with the president, therefore the relation between National committee of central Indonesia and presidential institution runs well, it is proved in every goverment work program which is done together.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kerjasama Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dengan Lembaga Kepresidenan pada tahun 1945-1949. Metode penelitian yang digunakan adalah metode historis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan penulis diperoleh hasil bahwa hubungan kerjasama yang dilakukan Komite Nasional Indonesia Pusat dengan Lembaga Kepresidenan pada tahun 1945-1949 dilihat dari tugas yang dilakukan KNIP bersama Presiden, sehingga hubungan kerjasama yang terjalin antar KNIP dengan Lembaga Kepresidenan sangat baik dengan terbukti segala program kerja pemerintah dapat disepakati bersama.   Kata kunci : hubungan, knip, lembaga kepresidenan
RUMAH ULU PADA MASYARAKAT ADAT KOMERING DI OGAN KOMERING ULU TIMUR Joko Saganta; Ali Imron; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.186 KB)

Abstract

Ulu house was a traditional house that has the function in each room. The purpose of this research was to determine the room function at the House of Komering society’s tradition in Ulu Betung Village South Sumatra. The method used was functional method. The data collection techniques were: interview techniques, observation, technical documentation, and technical literature. The technique of data analysis was the analysis of qualitative data. The results of the results shows that the House Ulu was the culture of the Komering society’s tradition which had the function of a garang, haluan, kakudan, ambin, pangking and pawon, Ulu house in maintaining the cultural values in that space of cultural value of religious/spiritual, politeness value, cooperativeness value and aesthetic value as well as having an additional function that was a function of space in the implementation of the ceremonies. Rumah Ulu sebagai rumah tradisional yang memiliki fungsi masing-masing pada tiap ruangan. Tujuannya adalah untuk mengetahui fungsi ruang pada rumah Ulu masyarakat adat komering Desa Betung Sumatera Selatan. Metodenya metode fungsional. Teknik pengumpulan datanya teknik wawancara, observasi, teknik dokumentasi, dan teknik kepustakaan. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian Rumah Ulu adalah kebudayaan dari masyarakat adat Komering mempunyai fungsi dari garang, haluan, kakudan, ambin, pangking dan pawon, Rumah Ulu dalam menjaga nilai-nilai budayanya yakni pada ruangan tersebut memiliki nilai budaya nilai religius/keagamaan, nilai kesopanan, nilai kegotong-royongan dan nilai estetika serta memiliki fungsi tambahan yakni fungsi ruang pada pelaksanaan upacara-upacara adat. Kata kunci : masyarakat adat komering, ogan komering ulu, rumah ulu
PENERAPAN MODEL DRILLS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN IPS Yuliza Sushanty; Maskun Maskun; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.038 KB)

Abstract

The objectives of this research were to find out the process of planning, implementing, assessing, and to find out the students’ learning result after using TIK based drills model. This research used descriptive method type activity analysis. The population of this research was all students of the second grade of SMP Negeri 1 Kalirejo academic year 2013/2014 consist of 256 students. Based on the result of the discussion, it could be concluded that the process of planning and implementing of TIK based drills model was no changing from expert theory but only being more developed beside at the process of assessing, there was a form of multiple choices assessment which was suitable to be used in doing the research. After TIK based drills model being applied there was an increase of the average of students’ learning result that was before TIK based drills model being applied reached 67,41 and after that model being applied became 80,16.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Drills berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif tipe analisis kegiatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalirejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 256 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa proses perencanaan dan pelaksanaan model Drills berbasis TIK tidak terdapat perubahan dari ketetapan ahli hanya lebih dikembangkan sedangkan pada proses evaluasi, terdapat bentuk evaluasi pilihan ganda yang cocok digunakan dalam melakukan penilaian. Setelah diterapkannya model Drills berbasis TIK terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebelum diterapkannya model Drills berbasis TIK mencapai 67,41 dan setelah diterapkan model tersebut menjadi 80,16.Kata kunci : hasil belajar, model drills, pembelajaran berbasis tik
TINJAUAN HISTORIS KEMENANGAN PASUKAN SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II MELAWAN BELANDA TAHUN 1819 Mida Handayani; Syaiful M; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.121 KB)

Abstract

The goal of this research is to know the factors which causes the troops victory of Sultan Mahmud Badaruddin II resist Belanda in Palembang war 1819. The Method used of this research is historical method. The data collecting technique are literature and documentation, while the data analysid technique is qualitative research. The result of research done is troops victory of Sultan Mahmud Badaruddin II resist Belanda in Palembang war at that time there were some factors which caused the victory there were the natural factor, weapon factor, state factor and due factor. The researcher concluded that the determining factor of the victory of Sultan Mahmud Badaruddin II is the natural factor and state factor.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kemenangan pasukan Sultan Mahmud Badaruddin II melawan Belanda dalam Perang Palembang tahun 1819. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis.Teknik pengumpulan datanya adalah kepustakaan dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya merupakan teknik analisis data kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukandiperoleh hasil bahwa kemenangan pasukan Sultan Mahmud Badaruddin II melawan Belanda dalam Perang Palembang pada saat itu ada beberapa faktor yang menyebabkan kemenangan, yaitu faktor alam, faktor senjata, faktor orang, dan faktor tempo.Peneliti menyimpulkan faktor penentu dari kemenangan pasukan Sultan Mahmud Badaruddin II, yaitu faktor alam dan faktor orang.Kata kunci : belanda, palembang, sultan mahmud badaruddin II

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue